Sesudah Pandemi Ada Kebaikan yang Menanti

YOGYAKARTA – Terhitung hingga 18 Mei 2020 jumlah pasien positif yang terjangkit virus Corona di Indonesia telah menyentuh angka 18.000 kasus. Kondisi ini akan membuat sebagian orang merasa resah, serba salah hingga bertanya-tanya kapan pandemi ini berakhir. Hal yang sama dirasakan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan proyek besar akhir perkuliahannya, yaitu tugas akhir atau skripsi.

Status wabah Covid-19 di Indonesia ditetapkan sebagai Bencana Nasional mulai dari pertengahan Maret. Dengan ditetapkannya wabah ini sebagai Bencana Nasional, memunculkan beberapa kebijakan untuk menekan laju perkembangan Corona di Indonesia. Salah satunya adalah kegiatan perkuliahan dilakukan via online.

Beberapa mahasiswa merasa perkuliahan via online ini kurang efektif. Mulai dari masalah kuota internet, jaringan yang lamban, hingga terbebani tugas yang menumpuk dari dosen. Permasalahan ini mau tidak mau harus dihadapi bagi sebagian mahasiswa, apalagi mahasiswa tingkat akhir yang wajib menyelesaikan tugas akhirnya sebagai syarat kelulusan.

Situasi inilah yang dirasakan oleh Anta (21), seorang mahasiswa diploma tingkat akhir Akademi Pariwisata Stipary Yogyakarta. Saat ini ia sedang mengerjakan proyek akhir semesternya, setelah terlebih dahulu menyelesaikan training. Anta sangat merasakan kesulitan mengerjakan tugas akhirnya. Salah satunya adalah kesalahan komunikasi dengan dosen pembimbing. Respon yang diberikan oleh dosen mengenai tugas akhirnya terbilang lambat. Malah ada emailnya yang baru di respon sebulan dari email itu terkirim.

Namun bagi Anta menyelesaikan tugas akhir di tengah pendemi ini merupakan sebuah tantangan yang harus dijalani. Karena menurutnya proses panjang yang sedang ia jalani akan membuahkan hasil yang baik diakhirnya.

Dibalik perasaan resah dan serba salah yang dialami Anta dan seluruh penduduk di muka bumi yang tengah menghadapi virus Corona,  kita sebagai umat manusia harus selalu berpikiran positif dan percaya bahwa setelah pandemi ini akan ada kebaikan yang menanti. Seperti yang Allah SWT firmankan dalam Surat Al-Insyirah ayat 6, Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Zondra Amanata Putra)

Leave a comment